Kecantikan Yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Semua wanita tentunya selalu ingin tampil cantik, mereka selalu berusaha untuk menampilkan penampilan yang terbaik. Berbagai cara dilakukan untuk mempercantik penampilan, dimulai dari perawatan kecantikan alami maupun perawatan kecantikan dengan bahan kimia. Semua itu dilakukan untuk menjaga kecantikan.

Tapi perawatan kecantikan yang dilakukan haruslah anda teliti dengan baik karena siapa tahu perawatan kecantikan yang anda lakukan malah akan merusak atau mengganggu kesehatan anda.

Tentunya anda tidak ingin menderita penyakit hanya karena perawatan kecantikan anda. Beberapa hal berikut merupakan perawatan kecantikan yang bisa mengganggu kesehatan anda.

Perhatikan Kuas Make-up, Lipstik, dan Bedak Anda

Kuas make-up yang tidak pernah dibersihkan ternyata dapat menimbulkan reaksi alergi kulit atau infeksi kulit. Dalam kuas yang tidak dibersihkan akan muncul bakteri, dan kuas tersebut akan terkontaminasi oleh sel kulit mati maupun minyak.

Maka dari itu usahakan anda selalu membersihkan kuas make up anda. Cara mencuci kuas make-up sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu mencucinya dengan air hangat, shampoo bayi dan juga sabun secukupnya.

Terkadang mungkin anda suka meminjam lipstik dan make up mata pada teman maupun saudara perempuan anda. Ternyata menggunakan lipstik dan make up mata dari orang lain dapat menimbulkan penyakit bagi anda.

Kuman dapat mudah masuk melalui mulut, tenggorokan atau bibir, maka dari itu anda sebaiknya tidak menggunakan peralatan yang berhubungan dengan organ tubuh tersebut sembarangan, termasuk lipstik dan make up mata.

Anda tentunya tidak tahu jika teman anda tersebut bebas kuman atau tidak, maka dari itu sebaiknya anda selalu menggunakan lipstik maupun make up anda sendiri. Anda bisa terserang flu atau demam hanya karena meminjam lipstik atau peralatan make up mata pada teman anda.

Bakteri seperti Staphylococcus auerus sering ditemukan pada peralatan make up mata. Bakteri tersebut dapat menimbulkan infeksi kulit yang parah. Konjungtivitis atau radang mata juga dapat mudah menular melalui peralatan make up mata.

Ternyata meminjam gunting kuku dan pengikir kuku ternyata juga dapat menimbulkan penyakit bagi anda. Kuman dapat berpindah dengan mudah jika tanpa sadar anda berdarah pada saat memotong kuku, tentunya anda tidak tahu apakah gunting kuku atau pengikir kuku yang anda pinjam itu bersih atau tidak.

Bisa jadi gunting kuku atau pengikir kuku yang anda pinjam pernah terkena darah orang yang memiliki penyakit hepatitis maupun penyakit lainnya. Maka dari itu sebaiknya anda menggunakan gunting kuku atau pengikir kuku sendiri.

Agar terhindari dari penyakit, anda harus sering-sering mengetahui tentang kadaluarsa kosmetik anda. Semua kosmetik memiliki tanggal kadaluarsa dan biasanya berbeda pada masing-masing kosmetik. Pelembab ternyata tidak bisa bertahan terlalu lama, paling tidak hanya bisa bertahan selama tidak lebih dari enam bulan.

Maka dari itu buanglah pelembab anda yang sudah lama. Bedak, concealer dan lipbalm mungkin bisa bertahan lama, namun juga tidak sampai 4 tahun. Selalu pastikan tanggal kadaluarsanya agar anda bisa mengetahui kapan saatnya anda membuat bedak atau lipbalm tersebut.

Make up yang paling harus sering diganti adalah maskara dan make up mata. Masakara setidaknya harus diganti setiap 3 bulan karena maskara hanya bisa bertahan selama tiga bulan, begitu pula dengan make up mata lainnya.

Pensil alis mungkin bisa bertahan beberapa tahun, namun jika pensil alis anda sudah terkena air maka usia pensil alis tersebut akan jauh berkurang. Semua peralatan make up anda sebaiknya disimpan ditempat yang dingin dan kering agar bisa bertahan lebih lama.

Perawatan Kecantikan Lainnya Yang Dapat Merusak KesehatanMungkin saat ini banyak selebriti yang menggunakan eyeliner didalam garis bulu mata mereka. Padahal menurut ahli kesehatan, menggunakan eyeliner didalam garis bulu mata itu berbahaya.

Baca Juga Kapal Selam Nanggala 402 Sulit Diselamatkan

Eyeliner tersebut dapat menyumbat pori-pori minyak. Pori-pori minyak tersebut dapat membantu produksi air mata, maka dari itu jika pori-pori itu tersumbat maka anda akan terkena sindrom mata kering. Sindrom mata kering dapat menyebabkan radang dan jika tidak dirawat malah akan merusak mata hingga mencapai kebutaan.

Apakah anda sering melakukan perawatan kuku di salon kuku? Anda harus berhati-hati jika melakukan perawatan kuku di salon kuku. Selalu pastikan peralatan yang digunakan salon tersebut dicuci dengan bersih dengan zat penghilang kuman.

Ada kemungkinan anda terkena virus papiloma manusia jika alat yang digunakan tidak bersih. Pastikan semua alat yang dipakai sudah dibersihkan dengan zat pembersih kuman dan bakteri. Spa ikan mungkin sedang sangat populer saat ini.

Spa ikan biasanya dilakukan untu relaksasi kaki dan juga merawat kaki. Namun pada saat hendak melakukan spa ikan, anda harus pastikan spa tersebut selalu mengecek kesehatan pengunjungnya. Jangan sampai ada kaki yang sedang luka masuk kedalam bak kaki.

Pastikan juga bak kaki yang digunakan sangat bersih agar tidak ada kuman atau bakteri yang bisa masuk kedalam tubuh anda. Saat melakukan pengecetan rambut, anda harus memilih cat rambut yang cocok bagi anda.

Tidak semua cat rambut cocok bagi semua orang. Selalu tes pewarna rambut sebelum menggunakannya. Anda bisa mengetesnya pada sedikit kulit tangan anda, jika tidak mengalami reaksi alergi, mungkin pewarna rambut tersebut aman untuk anda.

Senyawa organik yang sering dikenal sebagai PPD banyak ditemukan pada pewarna rambut. PPD tersebut dapat menimbulkan reaksi anafilaktik.

Walaupun pewarna rambut memiliki label alami atau organik, belum tentu pewarna rambut tersebut tidak memiliki kandungan PPD. Maka dari itu anda wajib melakukan tes alergi sebelum mengecat rambut. (lovira.com)

Leave a Comment